Amiral Arif. Diberdayakan oleh Blogger.
WELCOME THIS BLOG AMIRAL ARIF - Please Leave Your Criticism or Suggestions For Progress This Blog - Always Trying To Be The Best - "no matter how your heart is grieving... if you keep on believing... the dream that you wish will come true..."
RSS

Mengenal VPN ( Virtual Private Network )

Virtual Private NetworkVirtual Private Network (VPN) adalah teknologi yang dapat Anda gunakan untuk mengakses kantor atau jaringan rumah dari jarak jauh dan aman melalui Internet, sehingga komunikasi data dilindungi dari sniffing atau pembajakan oleh hacker. Virtual Private Network sangat membantu terutama bagi yang sering bepergian dan ingin mengakses computer dari jarak jauh dengan aman.
Bila koneksi VPN dibuat antara 2 pihak (antara klien VPN dan gateway VPN atau antara 2 VPN gateway), sebuah secured virtual tunnel akan dibuat dengan kemampuan untuk mengenkripsi data (jadi hacker tidak dapat melihat isi data), mempertahankan integritas data (tidak ada perubahan data selama transmisi) dan memastikan komunikasi hanya terjadi antara 2 pihak yang otentik.

Ada 2 jenis umum dari virtual private network, yang merupakan akses remote VPN dan situs-situs untuk VPN.
Remote akses VPN adalah yang sangat umum yaitu layanan VPN yang dapat diatur di kantor atau jaringan rumah. Hal ini dapat dilaksanakan dengan membentuk VPN gateway atau server dan Anda dapat terhubung dengan menggunakan VPN klien dari lokasi lain. Seperti yang Anda lihat dari diagram di bawah ini, apakah di bandara, restoran perpustakaan, atau hotspot publik lainnya, pengguna dapat melakukan koneksi VPN dengan menggunakan VPN client di komputer dan terhubung ke gateway VPN.
Setiap kali pengguna komputer mengirimkan data, perangkat lunak klien VPN mengenkripsi data sebelum mengirimnya melalui Internet ke gateway VPN ke sisi jaringan tujuan. Setelah gateway VPN menerima data, ia mendekripsi data dan mengirimkan paket ke komputer tujuan dalam jaringan pribadi (kantor atau jaringan rumah), setelah itu komputer tujuan akan mengenkripsi data kembali juga. Akses remote VPN didukung oleh L2F, PPTP, L2TP dan protokol IPsec tunneling.
Kadang-kadang jika pengguna menggunakan web browser, bukan klien VPN untuk menghubungkan ke gateway VPN, biasa dikenal sebagai jenis VPN yaitu SSL VPN.

Site-to-Site VPN
Site-to-site VPN adalah koneksi VPN yang didirikan antara 2 gateway VPN yang berada dalam 2 jaringan yang berbeda melalui Internet, sehingga kedua jaringan komputer dapat bertukar data secara aman. Tidak ada klien VPN diperlukan pada pengguna komputer. Koneksi VPN akan dibentuk antara kedua gateway VPN. Kedua gateway VPN akan mengenkripsi dan mendekripsi komunikasi data untuk menjamin keamanan dan integritas data.  VPN ke situs-situs dapat didukung oleh modus tunnel IPsec, PPTP, L2TP atas protokol IPSec tunneling. 

 


Share
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar