Amiral Arif. Diberdayakan oleh Blogger.
WELCOME THIS BLOG AMIRAL ARIF - Please Leave Your Criticism or Suggestions For Progress This Blog - Always Trying To Be The Best - "no matter how your heart is grieving... if you keep on believing... the dream that you wish will come true..."
RSS

Dasar Visual C++

Sebuah program secara sederhana dapat didefinisikan sebagai kumpulan instruksi yang ditulis oleh programer atau sebuah executable software [software terkompilasi].  Sebuah program dapat dibuat dengan interpreter dan kompiler, interpreter seperti html atau matlab menjalankan instruksi baris-perbaris dari kode kita, sedangkan compiler melakukan linking dan men-check kesuluruhan program kita akan error sebelum menciptakan file binary [file terkompilasi/executable file] dari program kita.
Terdapat beberapa teknik pemrograman, salah satu yang merupakan teknik awal pemrograman adalah pemrograman terstruktur. Pemrograman terstruktur dapat digambarkan sebagai teknik divide and conquer [pemecahan masalah dan memecahkan setiap pecahannya], sebuah program yang kompleks akan di bagi menjadi beberapa bagian sampai setiap bagiannya mudah untuk dimengerti.
Teknik pemrograman yang cukup terkini menggunakan pendekatan pemrograman berorientasi objek, yang mampu mengatasi bahkan kompleksitas yang lebih tinggi dari teknik pemrograman terstruktur. Menggunakan OOP (Object Oriented Programming) komponen dari program yang lama dapat digunakan pada program yang lain dan menggabungkan data dengan perintah-perintah (tasks) yang memanipulasi data tersebut. Penjelasan lebih lanjut serta contoh OOP akan diberikan kemudian.
     Bjarne Stroustrup pengembang C++ telah memodifikasi C menjadi sebuah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. C++ merupakan superset dari C, setiap perintah di C merupakan perintah legal di C++, namun tidak sebaliknya. Microsoft mengembangkan versi C++-nya sendiri dengan mengembangkan visual C++, dengan beberapa kemudahannya. Akan tetapi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pembaca disarankan untuk meng-eksplore lebih jauh secara mandiri perbedaan dari ketiga versi C ini.
    Dalam praktikum grafika komputer ini kita akan menggunakan visual C++ versi 6.0. Salah satu perbedan mendasar dari kedua kode yang ditulis dalam C++ dan visual C++ adalah dengan penambahan sebuah header stdlib.h pada awal setiap programnya. Pendekatan modul II ini adalah dengan pendekatan contoh-contoh yang menuntut pembacanya untuk dapat menganalisa dan mengembangakan sendiri kegunaan dari setiap fungsi di visual C++.

    Berikut diberikan sebuah program sederhana yang dapat anda coba compile dan jalankan di visual C++. Include di ikuti dengan header files, yang dapat dibayangkan sebagai kumpulan fungsi-fungsi dalam sebuah file (library).
/************************************************************
Program:  Program C++ sederhana pertama
File:         Praktikum1.cpp
Function:     Main (daftar dari fungsi yang digunakan, dlm hal ini hanya 1)
Description:  menampilkan sebuah teks di layar
Author:       Taufik Edy Sutanto(R)
Environment:  Microsoft Visual C++ 6.0
Notes:  Biasakan membuat komentar awal di setiap program anda seperti contoh ini
Revisions:    1.00  21/11/2007 (TES) First release
************************************************************/
0: #include //jangan lupa untuk mengikutsertakan header ini di Visual C++
1: #include // header sederhana C++ untuk menangani input-output dari user
2: // SeBARIS Komentar program diawali dgn dua garis miring
3: int main()
4: {
5:    cout << "Hello World!\n";
6:    return EXIT_SUCCESS; \\gunakan perintah ini dalam Visual C++, instead of return  0
7: }


Modul selengkapnya silahkan unduh disini

Share
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar